Inilah Cara Lapor SPT Tahunan dengan Mudah

cara-lapor-spt-tahunan

Ruangtekno.com – Bagi kamu yang sudah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) tentunya sudah mempunyai kewajiban untuk lapor SPT Tahunan pajak nih gengs!

Pelaporan ini dilakukan setiap akhir tahun. Masa pajak yaitu Bulan Maret setiap tahunnya yang bisa dilakukan melalui online dengan cara e-filing pada situs djponline.pajak.go.id.

Bagi kamu yang bertanya-tanya, apa sih e-filing itu? e-filing cara pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) atau yang dilakukan secara online dan real-time melalui website DJP Online.

Atau aplikasi yang telah disediakan ASP (Application Service Provider/Penyedia Jasa Aplikasi) pajak.

Perlu kamu ketahui, Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) wajib pajak Orang Pribadi di bedakan menjadi tiga jenis yaitu:

1. Formulir SPT Jenis 1770 SS

Formulir SPT jenis 1770 SS adalah jenis SPT tahunan untuk wajib pajak yang berpenghasilan kurang dari atau sama dengan Rp60 juta per tahun.

Jika wajib pajak berstatus sebagai karyawan bekerja hanya pada satu perusahaaan dengan penghasilan bruto tidak lebih dari Rp60 Juta per tahunnya dan tidak memiliki penghasilan lain selain bunga bank maupun bunga koperasi, maka wajib pajak cukup mengisi SPT 1770 SS.

2. Formulir SPT Jenis 1770 S

Formulir SPT jenis 1770 S adalah jenis SPT tahunan khusus untuk pribadi yang memiliki penghasilan bruto lebih dari Rp60 juta per tahun dan karyawan yang bekerja lebih dari satu perusahaan dalam waktu satu tahun.

Artinya, walaupun penghasilan bruto karyawan di bawah Rp60 juta per tahun, namun karyawan tersebut bekerja di lebih dari dua perusahaan, harus  melapor pajak dengan menggunakan formulir jenis ini.

Adapun data yang harus disiapkan untuk mengisi formulir ini adalah  bukti potong yang didapat dari perusahaan, anggota keluarga, rincian harta, data penghasilan, dan lain sebagainya.

Baca juga: 7 Rekomendasi Aplikasi Live Streaming Bola Gratis

3. Formulir SPT Jenis 1770

Formulir SPT Tahunan jenis 1770 adalah formulir yang digunakan oleh wajib pajak orang pribadi dengan status pekerjaan sebagai pemilik bisnis atau pekerja yang tidak memiliki ikatan kerja atau disebut pekerja lepas.

Jika wajib pajak memiliki penghasilan jenis ini maka diharuskan menggunakan formulir ini. Meksipun wajib pajak memiliki pasif income seperti bunga atau dividen, wajib pajak seperti ini tetap harus menggunakan formulir 1770 (tanpa S).

Untuk pelaporan SPT melali e-filing ini perlu dipastikan bahwa kamu sudah mempunyai kode EFIN untuk registrasi akun pelaporan pajakmu di DJP Online.

EFIN ini bisa kamu dapatkan di Kantor Pelayanan Pajak dimana NPWP kamu terdaftar. Setelah kamu melalukan registrasi, kamu akan mendapatakan email aktivasi dari DJP Online.

Dengan begitu, kamu sudah dapat mengakses akun DJP Online mu.

Lalu, Setelah itu, bagaimana sih cara lapor SPT Tahunan dengan e-filling ini? berikut adalah langkah-langkahnya !

  1. Login DJP Online
  2. Klik Tab “Lapor”
  3. Lalu klik “e-filling” 
  4. Setelah itu, klik “Buat SPT”
  5. Isi Formulir SPT
  6. Isi Formulir SPT Pendapatan sesuai penghasilan yang didapat pertahunnya
  7. Upload Bukti Potong PPh dengan format PDF
  8. Klik Lapor
  9. SPT Tahunan mu sudah berhasil dilaporkan.

Nah itu lah langkah-langkah dan cara lapor SPT Tahunan pajak melalui e-filing di DJP online. Mudah bukan? Yuk lapor pajak mu sekarang juga. Orang Bijak Taat Pajak!

Baca juga: Cara Bayar Pajak Online Dengan e-Billing

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*