Cara Bayar Pajak Online Mudah dengan e-Billing

Cara-bayar-pajak-secara-online

Ruangtekno.com – Seiring berkembangnya teknologi, pemerintah juga melakukan adaptasi pada sistem digital atau berbasis online dalam sistem pembayaran pajak di Indonesia.

Oleh karenanya, proses pembayaran pajak sudah dapat dilakukan secara elektronik yang terdiri dari dua proses utama, yaitu pembuatan Kode Billing (create billing), dan pembayaran pajak menggunakan Kode Billing (payment).

Setelah menghitung besaran pajak yang ditanggung, wajib pajak wajib melakukan pembayaran pajak tersebut selama masa pajak berjalan maupun taun akhir pajak. Pembayaran pajak melalui online dapat dilakukan dengan e-billing.

Nah untuk itu, pada artikel kali ini akan membahas beberapa beberapa manfaat, langkah-langkah dan cara bayar pajak online dengan menggunakan e-Billing.

Manfaat e-Billing Pajak

Lalu apa ya manfaat dari e-Billing pajak? Nah berikut di bawah ini beberapa manfaat dari e-Billing pajak.

  1. Bayar pajak menjadi lebih mudah dan simpel. Dengan membuat ID Billing, kalian bisa membayar pajak kapanpun dan di manapun.
  2. Menghindari adanya kesalahan transaksi. Seperti yang diketahui, terkadang membayar pajak secara manual dapat terjadi adanya kesalahan pencatatan. Sedangkan, dengan e-Billing kalian bisa meminimalisir terjadinya kesalahan dalam pencatatan transaksi.
  3. Transaksi real time. Dengan menggunakan e-Billing akan mengurangi resiko terjadinya kehilangan data. Hal ini dikarenakan, data dan hasil transaksi akan secara otomatis tersimpan di sistem DJP.

Cara-bayar-pajak-online

Situs Untuk Membuat Kode Billing

Adapun situs yang dapat dikunjungi Wajib Pajak untuk membuat Kode Billing sebagai berikut:

  1. https://sse.pajak.go.id
  2. https://sse2.pajak.go.id
  3. https://billing-djp.intranet.pajak.go.id

Pembuatan Kode Billing melalui Aplikasi Billing DJP

Contoh melalui https://sse.pajak.go.id, langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Registrasi Akun
  2. Pembuatan Kode Billing
  3. Masukan NPEP dan PIN, lalu klik login
  4. Masukkan data setoran pajak yang akan di proses pembayarannya, lalu klik Simpan
  5. Cek kembali pangisian data lalu klik Terbitkan Kode Billing
  6. Kemudian, sistem akan menerbitkan Kode Billing atas data pembayaran yang di input

Selain itu, Alternatif lain yang dapat digunakan Wajib Pajak untuk memperoleh kode billing. Alternatif lain yang dimaksud adalah melalui,  application service provider (ASP), bank/pos persepsi, laman portal pemerimaan negara, atau petugas DJP.

ASP (Application Service Provider)

Cara bayar pajak online berikutnya adalah dengan layanan Application Service Provider. Untuk mempermudah Wajib Pajak dalam urusan perpajakan, Dirjen Pajak telah menunjuk penyedia jasa layanan aplikasi atau Application Service Provider (ASP). 

Berikut di bawah ini ASP yang dapat digunakan untuk membayar pajak secara online:

  • KlikPajak by Mekari (PT Mid Solusi Nusantara)
  • Online Pajak (PT Achilles)
  • Pajakku (PT Mitra Pajakku)
  • SoluTax (PT Sarana Prima Telematika)

Kode-billing-pajak

Baca juga: Inilah Cara Lapor SPT Tahunan dengan Mudah

Bank / Pos Persepsi

Selanjutnya, kalian juga dapat membayar pajak dengan melalui Bank atau Pos Persepsi lho! Berikut beberapa cara yang bisa kalian gunakan:

Via Anjungan Tunai Mandiri (ATM)

Mesin ATM pada Bank Mandiri dan Bank BNI serta agen seperti : BRILink, Mandiri:, dan BNI 46 untuk 7 jenis pajak, yaitu:

  • PPh Pasal 21/22/23/25 OP & Badan (masa)
  • PPN Dalam Negeri (masa)
  • PPh Final Bruto Tertentu/PP 23 UMKM

Via Internet Banking

Selain menggunakan ATM, pembayaran tersedia pada beberapa Bank yaitu BRI, BCA, Bank Pemata, Bank UOB, Citibank, Bank Bukopin, CIMB Niaga, Maybank, Bank Danamon, dan Bank OCBC-NISP.

e-billing-pajak

Petugas DJP

  • Cara yang pertama adalah dengan menelpon Kring Pajak 1500200 untuk meminta kode billing. Pada cara ini dilakukan dengan verifikasi data.
  • Jika ingin cara yang lain, kalian juga bisa untuk mendatangi secara langsung petugas TPT ataupun helpdesk di KP2KP atau KPP.

Portal Penerimaan Negara

Terakhir, kalian juga dapat mengakses laman Single Sign-On Portal Penerimaan Negara di situs https://mpn.kemenkeu.go.id/ untuk membuat membuat kode billing.

Itulah langkah-langkah dan cara bayar pajak online yang dapat kamu coba. Bagaimana? Mudah kan? Ikuti beberapa cara di atas untuk membayar pajak ya! Yuk ingat, Orang Bijak Taat Pajak!

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kalian tentang cara bayar pajak secara online dengan menggukan e-Billing.

Baca juga: Rekomendasi Laptop Gaming Murah yang Berkualitas

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*